Tambahan Anggaran Kesehatan

0

Cukup besarnya Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima Pemerintah Kabupaten Pati dipastikan akan menambah pelayanan di bidang kesehatan. Pasalnya, bidang kesehatan termasuk yang mendapatkan anggaran cukup besar. Bila dikalkulasi, besaranya mencapai 82,93 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pati Turi Atmoko menyebutkan, selain mendapatkan tambahan anggaran untuk pembuatan gedung bagi rumah sakit umum daerah (RSUD) Soewondo Pati sebesar Rp 57,7 miliar, dalam DAK Penugasan ada pula pos lainnya yang juga diperuntukkan untuk bidang kesehatan. Seperti dalam DAK Reguler disebutkan Pos Kesehatan Pati direncanakan akan mendapatkan anggaran Rp 12,7 miliar.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai progam, seperti Pelayanan Kesehatan Dasar sebesar Rp 3,4 miliar, Sarana Layanan Rujukan Rp 3,1 miliar, Pelayanan Kesehatan Kefarmasian Rp 5,5 miliar, dan Pos Keluarga Berencana Rp 530 juta. “Anggaran itu masuk dalam rencana dana alokasi khusus fisik untuk tahun ini. Karena memang untuk DAK terbagi dalam DAK Fisik dan Nonfisik, ” terangnya. Selain itu, untuk DAK Nonfisik disebutkan untuk bantuan operasional kesehatan direncanakan dapat anggaran Rp 14 miliar.

Untuk Jampersal direncanakan mendapat Rp 1,3 miliar dan Bantuan Operasional Keluarga Berencana mendapat Rp 1,1 miliar. Diharapkan, dengan tambahan anggaran yang cukup besar itu nantinya bisa semakin meningkatkan pelayanan masyarakat. Seperti dengan pembangunan gedung baru bagi RSUD Soewondo, diharapkan dapat menjadikan rumah sakit itu sebagai rujukan bagi kawasan Pantura timur.

Share.

About Author

Leave A Reply